Rabu, 28 Agustus 2024

Pentingnya Cek dan Ganti Busi Motor Supaya Performa Kendaraan Tetap Optimal



Kendaraan beroda dua yang sering disebut sepeda motor sudah menjadi kendaraan favorit dikala beraktivitas. Baik itu dalam bekerja, mengantar dan menjemput anak ke sekolah, belanja ke pasar, narik ojek online atau offline bahkan berjualan menggunakan sepeda motor. Hasil survei menyatakan bahwa Indonesia memiliki jumlah sepeda motor sekitar 132 juta unit pada tahun 2023. Hal ini membuat Indonesia menjadi salah satu negara dengan jumlah sepeda motor terbanyak di dunia. Selain itu, sekitar 85% rumah tangga di Indonesia memiliki setidaknya satu sepeda motor.

Tanda busi motor harus diganti
Pentingnya Cek dan Ganti Busi Motor Supaya Performa Kendaraan Tetap Optimal



Kenapa demikian? Karena penggunaan sepeda motor di Indonesia sangat populer dengan harganya yang relatif murah, bahan bakarnya irit, dan biaya operasionalnya rendah. Saya termasuk seorang yang konsumtif terhadap sepeda motor, selalu saya gunakan setiap hari sebagai mobilitas bekerja. Ibarat kata sepeda motor itu teman paling setia menelusuri jalanan, kebayang kalau sepeda motor tidak ada saya sangat merasa kesulitan bepergian kemana-mana. 


Sebagai perempuan pengguna sepeda motor, saya termasuk orang yang sangat awam dengan dunia otomotif apalagi secara teknisnya. Benar, saya taunya bensin habis tinggal isi ke pom bensin dan cuci sepeda motor supaya kelihatan bersih. Ternyata sangat banyak printilan sepeda motor yang harus di pahami, supaya sepeda motor tetap terjaga performa dan bisa melaju dengan optimal.


Beberapa bulan lalu, saya mengalami kejadian motor mogok akibat keteledoran selama ini kurang merawat motor dengan baik. Mau berangkat kerja, tiba-tiba motor tidak bisa di starter. Jujur saya panik dan bingung sekali. Terkadang situasi tidak mendukung kondisi. Kebetulan hari itu saya ada janji dengan client untuk meeting sekitar jam sepuluhan. Hanya saja situasinya tidak mendukung sepeda motor mogok dan jadinya saya sedikit terlambat.

3 Komponen Sepeda Motor Wajib Diperhatikan Supaya Tidak Mogok
3 Komponen Sepeda Motor Wajib Diperhatikan Supaya Tidak Mogok 




Setelah selesai meeting, salah satu teman nanyain kenapa saya terlambat. Dengan sedih saya jawab "Motor mogok tidak bisa di starter jadinya naik ojek online". Sontak teman saya memberikan tiga pertanyaan "Kapan terakhir isi oli?, Aki motor masih bagus nggak? Sudah pernah cek atau ganti busi motor belum?". Dan saya pun bingung menjawabnya karena kurang paham tentang oli, aki dan busi sepeda motor. Dan akhirnya teman menjelaskan ketiga komponen tersebut berdampak besar pada sepeda motor dan hampir 100% mengakibatkan sepeda motor tidak bisa di starter atau mati. 



3 Komponen Sepeda Motor Wajib Diperhatikan Supaya Tidak Mogok 



1. Oli Mesin Sepeda Motor Habis
Bahaya banget kalau oli mesin sepeda motor sampai habis. Oli adalah salah satu bagian krusial dari motor yang memiliki fungsi untuk menjaga siklus mesin tetap optimal. Selain untuk pelumasan utama, oli motor juga berfungsi untuk mendinginkan mesin. Jika kualitas oli menurun akibatnya mesin jadi tidak bisa berfungsi bila dibiarkan dapat merusak mesin sehingga mesin motor mati mendadak sekalipun bensin masih terisi penuh. 

Oleh sebab itu, wajib melakukan pengecekan dan pengisian oli mesin sepeda motor sekali dalam 2-3 bulan dengan jumlah yang sesuai dengan oli motor yang baik memiliki tekstur cair dan licin. Sehingga performanya mesin sepeda motor pun jauh lebih optimal. Dan saya pun selalu rutin mengganti oli motor kesayangan.



2. Aki Sepeda Motor Soak
Aki sepeda motor merupakan komponen mesin motor yang sangat penting. Aki merupakan sistem kelistrikan motor supaya mesin bisa berjalan dengan baik. Bila aki sampai kosong penggunaan kick starter pun akan sulit untuk menghidupkan mesin sepeda motor. Sehingga penting untuk melakukan perawatan yang tepat agar kinerjanya tetap optimal. Jika sistem pengisian seperti alternator atau regulator tegangan tidak berfungsi dengan baik, aki tidak akan terisi dengan benar dan dapat menjadi soak.

Oleh sebab itu, sesering mungkin memeriksa level air aki secara berkala dan mengisi air distilasi jika diperlukan. Dan pastikan untuk menjaga komponen terminal aki tetap bersih dan bebas dari korosi dengan membersihkannya secara teratur. Dengan perawatan yang tepat, usia pakai aki juga akan meningkat, sehingga performanya mesin sepeda motor pun jauh lebih optimal. Pengecekan aki biasa dilakukan setiap servis rutin (2.000 km) dan di charge ulang 3 bulan sekali. Sebagai rutinitas setiap pagi motor selalu saya panaskan 2-5 menit supaya semua mesin sepeda motor bekerja dengan baik.



3. Busi Sepeda Motor Sering Mati
Busi motor memiliki fungsi untuk mengubah tegangan listrik yang disalurkan oleh koil, lalu menjadi percikan api yang akan membakar campuran bahan bakar dan udara di ruang mesin api di akhir langkah kompresi. Cara kerja busi adalah ketika busi motor terhubung ke tegangan, dimana besarnya dari tegangan ini adalah ribuan volt yang dihasilkan dari ignition coil. Tegangan inilah yang nantinya menghasilkan tegangan listrik yang berbeda dengan tegangan elektroda pada bagian tengah dan bagian samping busi. 

Kebayangkan kalau busi sepeda motor sering mati? Dampaknya sangat besar dapat mengakibatkan bahan bakar bensin lebih boros, motor kehilangan tenaga dan motor tidak bisa di starter sama sekali pertanda busi harus diganti. Saya tidak sadar kalau motor mati mendadak itu bukan karena busi rusak. Sehingga sering kali saya selalu nyalain motor melalui sela apabila tidak bisa di starter. Cuma merepotkan bukan.

Akhirnya tanpa pikir panjang setelah pulang kerja, saya membawa sepeda motor ke Planet Ban dekat rumah. Setelah dilakukan beberapa pengecekan ternyata busi motor yang bermasalah. Solusinya harus ganti busi supaya performa motor optimal kembali.

Pentingnya Perhatikan Busi Motor, Bikin Performa Kendaraan Tetap Optimal!
Pentingnya Perhatikan Busi Motor, Bikin Performa Kendaraan Tetap Optimal!





Kapan Busi Sepeda Motor Wajib Diganti?


Busi salah satu komponen sepeda motor yang ukurannya tergolong kecil, akan tetapi kegunaannya sangat besar. Cara kerja busi adalah ketika busi motor terhubung ke tegangan, dimana besarnya dari tegangan ini adalah ribuan volt yang dihasilkan dari ignition coil. Tegangan inilah yang nantinya menghasilkan tegangan listrik yang berbeda dengan tegangan elektroda pada bagian tengah dan bagian samping busi. Bensin yang banyak dan menempel di elektroda busi inilah yang membuat akhirnya  busi cepat rusak.


Busi yang kotor atau mati dapat membuat motor mati mendadak. Sebelum mati, tanda-tanda yang paling sering dirasakan yakni tarikan mesin menjadi tidak semulus biasanya dan muncul asap dari area knalpot motor. Makanya, kalau busi mendadak bermasalah atau mati,  lebih baik dilakukan pengecekan secara total di area mesin.


Tentu semua pengendara sepeda motor tidak mau mengalami kejadian yang saya alami. Sepeda motor saya mogok tidak bisa di starter dikarenakan businya sudah rusak. Jika kalian mengalami permasalahan sepeda motor mati karena busi rusak segeralah mengganti busi. Kalau pemakaian normal motor adalah 50 kilometer per hari, berarti busi harus diganti setelah 120 hari atau 4 bulan. Seringlah cek secara berkala angka kilometer antara 3000 – 6000 km untuk pergantian busi. 




Harga Busi Motor di Planet Ban

Busi sepeda motor ibarat kata seperti lambung kita. Jika lambung kita tidak sehat maka kita pun tidak bisa beraktivitas dengan baik. Jika tidak segera diatasi akan berakibat fatal. Demikian juga dengan busi sepeda motor, kalau kita tidak segera mengganti kerusakan sepeda motor kita pun akan semakin parah mati total. Sehingga kita tidak bisa berkendara sepeda motor bekerja untuk rejeki masa depan.

Pelayanan Planet Ban
Pelayanan Planet Ban untuk pelanggan




Berapa sebenarnya harga busi motor?
Harga Busi Motor tidaklah mahal dan bisa didapatkan di toko online maupun offline. 


Planet Ban selalu memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan. Mulai dari melakukan pengecekan motor secara gratis, pemasangan spare part gratis dan semua produknya asli dan terpercaya.


Saya selalu beli di Planet Ban, Denso Busi Motor Standard hanya seharga Rp26.000. Busi ini dapat digunakan untuk berbagai jenis motor seperti motor bebek, motor matic dan motor sport termasuk sepeda motor kesayangan. Senangnya lagi setiap beli busi sepeda motor di Planet Ban, teknisinya gerak cepat buat infoin mau dipasang langsung atau tidak. Pasti dong saya selalu mengiyakan dipasang langsung oleh teknisi Planet Ban tanpa biaya tambahan. Di Planet Ban juga boleh membeli banyak busi untuk stok persediaan di rumah. 


Planet Ban juga menjadi pilihan tepat untuk perawatan motor demi keamanan dan kenyamanan saat berkendara. Dari dulu sampai sekarang saya mengidentifikasi Planet Ban sebagai bengkel terpercaya untuk melakukan perawatan kendaraan. Dengan begitu, tak perlu lagi ada drama motor mogok karena lupa mengganti busi motor.


Kalian bagaimana? Kapan terakhir ganti busi motor?


Nah, mulai hati-hati dan cermati busi sepeda motor kamu, ya. Selamat  berkendara!!!




14 komentar:

Titi mengatakan...

Motor memang harus sering-sering dicek ya mbak. Saya juga lebih senang motoran daripada naik angkutan umum. Lebih hemat dan cepat sih rasanya. Planet ban sepertinya layak dicoba untuk merawat motor kita ya

Rella Sha mengatakan...

Wah Planet Ban sih udah langganan ya tempat ganti oli dan perawatan motor. Sebagai pengguna kendaraan roda dua sehari-hari, butuh banget yang bisa bantu kita ngurusin tetek bengek memotoran ini, secara perempuan mah kurang ngeh juga yaa taunya ngeeng ngeeng...

Maya Rumi mengatakan...

mba sama lagi yang kamu lakukan kalau motor tidak bisa distarter, aku pun melakukan secara manual (sela) untuk menghidupkan mesin ternyata harusnya ganti busi yah, kalau ganti di planet ban nih lebih cepat yah gak pake antri2 dan produk dijual juga pasti original

Akarui Cha mengatakan...

Baru eungeuh nih kalau masalah motor yang mati mendadak itu bukan hanya gara-gara oli kelamaan lupa diganti, atau accu-nya soak saja. Eh tahunya bisa juga gara-gara busi yang lupa diganti setelah si motor diajak jalan sejauh 6000 km. Jadi memang kalau merawat kendaraan roda dua pun butuh ketelitian soal jadwal perawatannya ya.

I. Afrina Putri mengatakan...

Artikel yang membantu banget buat saya, selalu direminder sama abang sendiri buat perhatiin motor, dan artikel ini cukup membantu bagi kita yang wanita ketika membawa motor matic.

Slice Of Life mengatakan...

Merewat sepeda motor memang gampang-gampang susah. Apalagi jikakendaraan itu merupakan kendaraan aktif yang setiap hari kesana kemari nemenin kerja. beberapa bengkel soalnya bukanya hari kerja saja. Apa planet ban ini buka di akhir pekan ?

Endah Kurnia Wirawati mengatakan...

Sebagai orang yang sehari-hari selalu memakai motor kemana-mana, memang wajib banget per 3 bulan mesti cek kondisi motor ke bengkel.

Terakhir ke bengkel sih 2 bulan lalu saat ganti gir motor Dan juga aki yg ternyata sudah kering karena kelupaan mulu mau diganti. Hehehe.

Sarieffe mengatakan...

Jadi inget nih. Beberapa kali motorku masuk bengkel karena aki keringnya tekor dan harus ganti yang baru. Sama sih kak, pas mau melanjutkan perjalanan, di jalan motor gak mau distarter maupun diengkol, untunglah macetnya dekat bengkel

lendyagassi mengatakan...

Jadi inget kalau motor zaman aku kuliah masih adaa di rumah Ibu.
Kangen juga naiknya.. tapi first of all, keknya kudu bawa ke Planet Ban dulu deh yaa.. buat cek semua kondisi mesinnya. Memang busi ini mungil, tapi kalau sampai kotor, bikin repot deeeh..

Raja Lubis mengatakan...

Demi kenyamanan dan keselamatan berkendara, memang pengecekan busi wajib secara berkala. Kalau memang sudah saatnya ganti, ya diganti. Soal service, aku juga percaya Planet Ban. Telaten pemeriksaannya dan outletnya juga tersebar di mana-mana.

Lita Chan Lai mengatakan...

nah, penting nih tahu tentang dunia permotoran. apalagi kalau tiap hari kita bawa motor untuk moda aktifitas kita sehari. masalah aki, busi, angin dan sebagai perlu paham meskipun kita wanita.

Uwan Urwan mengatakan...

Wah, terima kasih banget, kakak, sudah nulis artikel ini! Aku jadi makin paham soal pentingnya perawatan motor, terutama soal busi. Jujur, sebelumnya aku juga nggak terlalu ngerti soal teknis motor, tahunya cuma isi bensin dan cuci motor biar kelihatan kinclong. Ternyata banyak komponen kecil yang harus diperhatikan supaya motor tetap jalan lancar, kayak busi, oli, sama aki.

Kisah motor kakak yang mogok pas mau meeting tuh relatable banget, pasti panik kan? Aku jadi inget dulu pernah ngalamin motor nggak bisa di-starter gara-gara hal sepele yang ternyata businya udah harus diganti. Nggak nyangka juga kalau busi yang bermasalah bisa bikin motor lebih boros bensin. Makasih ya kak, udah jelasin detail tentang ini, bener-bener nambah wawasan aku. Sekarang aku bakal lebih rajin cek busi biar nggak ngalamin kejadian motor mogok lagi!

tuty saca mengatakan...

Thank you banget kaka penjelasannya sangat mudah dimengerti. Aku punya motor selama ini tapi gak pernah tau hehehhe. Kalau ada masalah selalu babeh yang bawa ke bengkel. Motorku sudah belasan tahun umurnya, untungnya pas aku yang lagi pakai jarang ada trouble, biasanya sering susah di starter.

Hida mengatakan...

Ternyata perawatan motor sedetil itu ya. Aku yang awam banget soal motor kayaknya harus belajar juga nih seluk beluknya biar ga asal pake aja tp juga tau cara perawatannya.

Wajib Coba 3 Varian Body Wash Jordanie Castile Soap Berbahan Dasar Alami Aman Untuk Semua Jenis Kulit Dan Semua Usia

Perawatan tubuh sehari-hari untuk mendapatkan kulit sehat dan bersih yaitu rutinitas mandi menggunakan produk body wash yang tepat. Mandi me...