Selasa, 03 September 2024

Kampung Berseri Astra Pekayon Bekasi Melahirkan Banyak Pelaku UMKM Mampu Membuka Lapangan Pekerjaan



Hadirnya Kampung Berseri Astra Pekayon Jaya Bekasi melahirkan banyak pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Tentu memiliki dampak besar buat warga sekitar akan berkurangnya angka pengangguran dan mampu membuka lapangan pekerjaan. Dengan adanya wadah KBA ini menjadi kesempatan terbaik untuk warga setempat untuk berinovasi dan tergerak membuka usaha demi menambah pendapatan. Dan semakin banyak warga memiliki talenta menggerakkan kreativitasnya untuk berkarya. 


Kampung Berseri Astra Pekayon Bekasi Melahirkan Banyak Pelaku UMKM dan Mampu Membuka Lapangan Pekerjaan
Kampung Berseri Astra Pekayon Bekasi Melahirkan Banyak Pelaku UMKM dan Mampu Membuka Lapangan Pekerjaan


Kampung Berseri Astra merupakan program kontribusi sosial berkelanjutan Astra yang diimplementasikan kepada masyarakat dengan konsep pengembangan yang mengintegrasikan 4 pilar program. Program pengembangan masyarakat yakni Astra untuk Indonesia Sehat, Astra untuk Indonesia Cerdas, Astra untuk Indonesia Hijau, dan Astra untuk Indonesia Kreatif. Melalui pelaksanaan program KBA, Astra ingin mewujudkan wilayah yang bersih, sehat, cerdas, dan produktif sesuai dengan keempat pilar tersebut demi keberlangsungan dan meningkatnya taraf hidup masyarakat.



Hasil penelitian menyatakan, warga negara Indonesia sangatlah kreatif dalam mengolah bahan baku menjadi bahan jadi termasuk makanan. Hanya saja warga memiliki kelemahan kurangnya suntikan dana. Disinilah peran dari Astra sangat dibutuhkan warga melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) ini, warga kini berani untuk merintis bisnisnya.



Hingga saat ini KBA Pekayon memiliki koperasi yang difungsikan sebagai wadah bagi UMKM di lingkungan RW 08 hingga 11 untuk mempromosikan sekaligus menjual dagangan para pelaku UMKM. Terdapat 50 usaha mikro kecil menengah yang aktif di KBA yang memiliki kurang lebih 800 Kepala Keluarga dalam lingkungan tersebut. Ternyata ibu-ibu warga KBA Pekayon sangat kreatif sekali menciptakan makanan ringan, sehat dan bahannya terbuat dari alam. Berkat dukungan dari Astra, saat ini KBA Pekayon Jaya memiliki banyak UMKM seperti berikut :


1. Susu kedelai dari hasil tanaman 

2. Keripik dari kelor, pangsit kelor, chesse stik kelor

3. Minuman telang seperti yoghurt, minuman sinom asem, minuman serai campur lemon

4. Tote bag, topi, keset kaki dan lain-lain dari kain perca

5. Sabun dari hasil eco enzym

6. Batik Ecoprint secara manual dengan bahan limbah daun dan kain

7. Berbagai macam souvenir

8. Minyak aromaterapi, lilin aroma minjel 


Sabun dari hasil eco enzym
Sabun dari hasil eco enzym



Selain itu KBA Pekayon juga menghadirkan proses pembuatan kompos, pupuk cair, kebun hidroponik, hingga produk-produk UMKM bercocok tanam. Dan masih banyak lagi hasil kreativitas warga KBA Pekayon Bekasi yang sangat menjanjikan. Jika diseriuskan hasilnya menjadi bisnis menghasilkan cuan banyak. Dan semua hasil UMKM ini bisa kita beli atau mendatangi langsung KBA Pekayon Jaya. Ditambah lagi kelestarian lingkungan yang diterapkan oleh warga sekitar sangat unik dan menarik. Sebagai KBA yang mampu mengikuti program binaan Astra warga harus melewati perjalanan yang panjang mulai dari menemukan inovasi memajukan UMKM dan menciptakan kampung semakin indah.


Kampung Berseri Astra Pekayon Bekasi Melahirkan Banyak Pelaku UMKM Mampu Membuka Lapangan Pekerjaan. Semua produk UMKM dan ecoprinting dijual lewat media online dan berbagai pameran yang diikuti oleh warga KBA Pekayon. Melalui produk UMKM ini sangat besar harapan semua warga KBA Pekayon bisa jadi gerakan pemberdayaan ekonomi masyarakat.


UMKM KBA Pekayon Bekasi binaan Astra

kampung berseri astra ciptakan umkm

Hadirnya Kampung Berseri Astra Pekayon Jaya Bekasi melahirkan banyak pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM)
Hadirnya Kampung Berseri Astra Pekayon Jaya Bekasi melahirkan banyak pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM)

Lingkungan KBA Pekayon sangat menjanjikan, sehingga dapat menghasilkan inovasi UMKM terbaik dalam binaan Astra. Ditambah lagi dengan kelestarian bahan baku pengolahan makanan, pembuatan karya kain perca, batik ecoprint dan berbagai macam souvenir KBA Pekayon pun mampu meraih predikat Proklim Lestari yang merupakan tingkatan teratas selama 3 tahun berturut-turut mulai dari 2018-2020.


KBA Pekayon Jaya Bekasi memiliki luas 17 hektar dengan konsentrasi bisnis UMKM serta mampu menjadikan kampungnya sebagai Program Kampung Iklim (ProKlim) Lestari yang digalakkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bisa menjadi kampung percontohan. Dengan menerapkan Go Green atau Zona Hijau, praktik memilah sampah, mengolah minyak jelantah menjadi produk bermanfaat seperti aromaterapi, pembuatan eco enzim hingga mendapatkan pengetahuan terkait pola bersih hidup sehat atau PHBS.




Terlihat dari setiap rumah warga KBA Pekayon Bekasi ditanami sayur dan pohon yang cepat panen agar terlihat bersih dan indah. Karena keindahan inilah banyak lembaga penelitian menyambangi pemukiman warga KBA Pekayon.


Dengan sinergitas warga dan Astra, KBA Pekayon Bekasi mampu mengimplementasikan lingkungan sustainability yang fokus pada kesejahteraan masyarakat, iklim, dan planet. Warga terlibat langsung memitigasi dampak perubahan iklim. Program Kampung Iklim Lestari (ProKlim Lestari) yang merupakan program nasional untuk meningkatkan keterlibatan masyarakat dalam pengendalian perubahan iklim disekitar. Dimulai dengan memperhatikan kebersihan lingkungan, keanekaragaman tanaman dan lain sebagainya.


Rumah Bibit dan Hidroponik KBA Pekayon
Rumah Bibit dan Hidroponik KBA Pekayon


Warga harus lebih berkreativitas lagi penuh semangat, banyak dukungan, arahan, dan ilmu yang diberikan Astra kepada Kampung Berseri Astra Pekayon Jaya. Besar harapan warga KBA Pekayon kerja sama berkelanjutan dengan Astra bisa terus terjalin ke depan dan dapat mewujudkan Kampung Wisata Edukasi di tahun 2027 mendatang.


#BersamaBerkaryaBerkelanjutan #KitaSATUIndonesia #astra #KBAPekayon #kampungberseriasrta #UMKM

Tidak ada komentar:

Wajib Coba 3 Varian Body Wash Jordanie Castile Soap Berbahan Dasar Alami Aman Untuk Semua Jenis Kulit Dan Semua Usia

Perawatan tubuh sehari-hari untuk mendapatkan kulit sehat dan bersih yaitu rutinitas mandi menggunakan produk body wash yang tepat. Mandi me...